May 20, 2013

Tokoh Di balik Anti-Apartheid
Nelson R Mandela
Nama aslinya Rolihlahla Mandela lahir ke Madiba klan di Mvezo, Transkei, pada tanggal 18 Juli 1918, menjadi Nonqaphi Nosekeni dan Nkosi Mphakanyiswa Gadla Mandela, konselor mendasar dari Raja Bertindak orang Thembu, Jongintaba Dalindyebo.

Setelah kematian ayahnya pada tahun 1927, Rolihlahla muda menjadi bangsal Jongintaba di Great Place in Mqhekezweni. Mendengar cerita tua itu keberanian leluhurnya selama perang perlawanan, ia memimpikan juga membuat kontribusi sendiri untuk perjuangan kemerdekaan bangsanya.

 Ia dimasukan SD di Qunu dimana gurunya Nona Mdingane memberinya nama Nelson, sesuai dengan kebiasaan untuk memberikan semua anak-anak sekolah nama "Kristen".

Ia menyelesaikan Sertifikat SMP nya di Clarkebury Boarding Institute dan melanjutkan untuk Healdtown, sekolah menengah Wesleyan beberapa bereputasi, di mana ia lulus.

Nelson Mandela mulai pendidikannya untuk gelar Bachelor of Arts di University College of Fort Hare tapi tidak menyelesaikan gelar sana ia diusir karena bergabung dalam protes mahasiswa. Ia menyelesaikan gelar BA melalui Universitas Afrika Selatan dan kembali ke Fort Kelinci untuk lulus pada tahun 1943.

Setelah kembali ke Great Place di Mkhekezweni Raja sangat marah dan mengatakan kalau ia tidak kembali ke Fort Hare dia akan mengatur istri baginya dan Keadilan sepupunya. Mereka melarikan diri ke Johannesburg dan tiba di sana pada 1941. Di sana ia bekerja sebagai petugas keamanan tambang dan setelah bertemu Walter Sisulu, seorang agen real, yang memperkenalkannya kepada Lazar Sidelsky. Dia kemudian melakukan artikelnya melalui firma pengacara Witkin Eidelman dan Sidelsky.

Sementara itu ia mulai belajar untuk LLB di Universitas Witwatersrand. Menurut pengakuannya sendiri ia adalah seorang mahasiswa miskin dan meninggalkan universitas pada tahun 1948 tanpa lulus. Dia baru mulai belajar lagi melalui University of London dan juga tidak menyelesaikan gelar itu.

Pada tahun 1989, sedangkan pada bulan-bulan terakhir penjara, ia memperoleh LLB melalui Universitas Afrika Selatan. Dia lulus in absentia pada upacara di Cape Town.

Nelson Mandela, sementara semakin politis terlibat dari 1942, hanya bergabung dengan Kongres Nasional Afrika pada 1944 ketika ia membantu membentuk ANC Youth League.

Pada Oktober 1963 Nelson Mandela bergabung dengan sembilan orang lainnya diadili karena sabotase dalam apa yang dikenal sebagai Pengadilan Rivonia. Menghadapi hukuman mati kata-katanya ke pengadilan pada akhir nya terkenal 'Pidato dari Dock' pada 20 April 1964 menjadi diabadikan:

"Saya telah berjuang melawan dominasi putih, dan aku telah berjuang melawan dominasi hitam. Saya telah dihargai ideal sebuah masyarakat yang demokratis dan bebas di mana semua orang hidup bersama dalam harmoni dan kesempatan yang sama. Ini adalah ideal yang saya harap untuk hidup dan untuk mencapai. Tapi jika kebutuhan akan, itu adalah ideal untuk yang saya siap untuk mati. "

Perjuangan Anti-Apartheid

Gerakan solidaritas internasional dengan perjuangan kemerdekaan di Afrika Selatan dikatakan sebagai gerakan sosial terbesar dunia telah terlihat. Hampir setiap negara di dunia memiliki sejarah aktivitas anti-apartheid, dalam bentuk yang beragam. Di banyak negara, kegiatan anti-apartheid yang terkait (formal atau informal) dengan perjuangan lokal melawan penindasan dari berbagai jenis. 
Kebanyakan gerakan anti-apartheid (AAMs) tidak membatasi kegiatan mereka ke Afrika Selatan, namun didukung gerakan pembebasan di Afrika Selatan lebih luas. Selain masing-masing negara, berbagai organisasi regional dan internasional menambahkan suara mereka untuk perjuangan melawan apartheid.

Berikut ini adalah gambaran dari beberapa catatan arsip yang masih ada sejarah yang luar biasa. Ini adalah langkah pertama menuju gambaran yang lebih komprehensif, melainkan pada saat ini tetapi penanda.

Karena tujuan kami adalah untuk menciptakan gambaran tentang catatan arsip kegiatan anti-apartheid, kami telah memasukkan hanya organisasi-organisasi yang kami berhasil menemukan catatan arsip dalam waktu yang tersedia untuk proyek ini.

Akibatnya, sayangnya, banyak negara dan organisasi mereka tidak termasuk dalam gambaran ini dan sebagai hasilnya sangat Eropa Barat / Amerika / Australia pandangan sejarah ini muncul. Karena penelitian kami menggantungkan pada sumber daya yang tersedia internet, masalah ini diperparah.
Kami juga telah membatasi ikhtisar kami untuk organisasi dan kegiatan mereka dalam hubungannya dengan Afrika Selatan saja. Oleh karena itu, organisasi yang bekerja secara eksklusif untuk Namibia, Mozambik, Angola, dll, belum disertakan.

Materi yang telah diselenggarakan oleh negara dengan pemisahan antara AAMs dan organisasi lain dengan kegiatan anti-apartheid. Dalam AAMs kita kadang-kadang menggunakan perbedaan antara organisasi serba spesialis dan organisasi, mengacu pada mereka yang aktif di semua bidang solidaritas dan mereka yang berkonsentrasi pada bidang tertentu. Organisasi umum adalah mereka yang memiliki tujuan lebih luas dari semata-mata anti-apartheid, tetapi terlibat dalam kerja solidaritas juga.

Kami terutama mengacu ke halaman rumah dari instansi yang memegang catatan arsip untuk menghindari frustrasi link tidak bekerja.

Akhirnya, kami telah menyertakan daftar abjad download dari organisasi kami telah menemukan dan yang aktif dalam gerakan internasional melawan apartheid. Organisasi tercermin dalam huruf tebal dijelaskan dalam bagian utama.

Kami ingin mengakui khususnya kegunaan untuk proyek ini dari sumber daya yang dimiliki oleh Arsip Aktivis Amerika, Belanda Institute on Afrika Selatan dan Dokumentasi Nordic pada Perjuangan Pembebasan di Afrika Selatan.

0 comments:

Post a Comment

Unordered List

Blog Archive

Blogger news

Blogger templates

Content left

About

Follow Us

Blogroll

Labels

Media And Lengendaris West Papua

About Me

My Photo
Voice Of Baptist Papua
Papua, Papua barat/Indonesia, Indonesia
Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua tidak akan pernah memilih diam ketika umat ditintas dan akan terus bersuara sampai keadilan benar-benar terjadi di tanah papua
View my complete profile

Followers

West Papua Media Alerts

Free West Papua News

Random Post

Conflik West Papua

Conflik West Papua
Political conflict in Indonesia, Indonesia failed to fulfill the mandate of democracy and reform, the People of Papua became targets and victims of human rights violations

Legendary Papuan tribe inhabiting the Pacific

Random Post

Featured Post 7

Your Comments

Featured Post 8

Popular Posts

Recent Posts

Turius Wenda - Find me on Bloggers.com

Text Widget